Surabaya - Direktorat Kinerja ASN Badan Kepegawaian Negera mengadakan Focus Group Discussion Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Kinerja bagi Instansi yang ditetapkan sebagai Pilot Project Aplikasi Kinerja.

Salah satu pilar Manajemen ASN yaitu Kinerja Pegawai (Sasaran Kinerja Pegawai) yang menitik beratkan pada ekspektasi pimpinan dimana pimpinan wajib melakukan pemantauan kinerja dalam bentuk pengamatan dan pemberian umpan balik berkelanjutan. Pemantauan kinerja dilakukan dengan mengamati realisasi progres dan/atau realisasi akhir atau hasil kerja serta perilaku kerja Pegawai melalui dokumentasi kinerja yang terdapat dalam sistem informasi non-elektronik dan/atau sistem informasi berbasis elektronik. Badan Kepegawaian Negara telah membuat Aplikasi Kinerja Pegawai sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dan telah melaksanakan kunjungan tim piloting aplikasi kinerja ke beberapa Instansi yang ditunjuk sebagai Pilot Project dalam penerapan aplikasi kinerja.

Menindaklanjuti pelaksanaan Piloting yang telah dilaksanakan tim Direktorat Kinerja ASN, sebagaimana tertuang dalam Surat Direktur Kinerja ASN Nomor 30616/B-BM.01.02/SD/CIII/2022 perihal Kunjungan Tim Piloting Aplikasi Kinerja, Direktorat Kinerja ASN melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Kinerja. Pelaksanaan Focus Group Discussion Evaluasi (FGD) Penerapan Sistem Manajemen Kinerja bertempat di Grand Mercure Surabaya City, tanggal 15 Desember 2022. Pelaksanaan FGD tersebut dibuka oleh Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian Bapak Drs. HARYOMO DWI PUTRANTO. Kegiatan juga ini dihadiri oleh Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya, Direktur Kinerja ASN Badan Kepegawaian Negara, Staf Ahli Bidang Administrasi Negara Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dr. HERMAN, dan Instansi Pilot Project Aplikasi Kinerja.


Materi Focus Group Discussion Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Kinerja dimulai dengan Laporan Kegiatan Bimbingan Teknis, dilanjutkan dengan Pemanfaatan Data Kinerja dalam Pengambilan Kebijakan Kepegawaian, dan Tindak Lanjut Penerapan Sistem Informasi E-Kinerja. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat diwaikili oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bapak AHMAD ZAKRI, S.Sos., M.Si menerima plakat sebagai Instansi Pilot Project Aplikasi Kinerja dari Badan Kepegawaian Negara.

.