Rabu (24/8), bertempat di Hotel Truntum Padang, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat secara resmi melakukan launching dan sosialisasi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VI Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tingkat Nasional Tahun 2022.

Mengangkat tema "Korpri Mengaji, Korpri Berbakti, Korpri Berkontribusi untuk Indonesia Mulia", Launching ini dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, bersama Ketua Umum DPN Korpri, Zudan Arif Fakrullah. Turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Kepala OPD Pemprov Sumbar, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se- Sumatera Barat, Kepala Instansi vertikal, dan juga dihadiri Kafilah Provinsi dan Lembaga Instansi.

Dalam laporan ketua panitia, Hansastri yang juga sekaligus Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat menyampaikan bahwa Launching dan Sosialisasi ini merupakan rangkaian persiapan pelaksanaan MTQ ke-VI Kopri Nasional Tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menetapkan waktu pelaksanaan yaitu tanggal 6 - 13 November 2022 dan diselenggarakan pada 8 venue yang terletak di Kota Padang.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPN Korpri, Zudan Arif Fakrullah juga menyampaikan bahwa dipilihnya Sumatera Barat sebagai Tuan Rumah MTQ Kopri ke-VI karena adanya semangat besar pada Provinsi Sumatera Barat yang sejalan dengan semangat Korpri yaitu branding terhadap Indonesia.

Gubernur Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih karena telah menetapkan Sumatera Barat menjadi tuan rumah MTQ Korpri ke-VI tahun 2022. Buya Mahyeldi juga berharap tahun lebih banyak Peserta dari yang sebelumnya karena banyak hal-hal yang bisa disaksikan dan dirasakan di Sumatera Barat.

Gubernur menginformasikan pembukaan MTQ Nasional ini akan dilaksanakan di halaman Istana Gubernur. Hal tersebut dipilih gubernur agar Kompleks Gubernur, Kantor Gubernur, dan Sumatera Barat mendapat kemuliaan dengan adanya MTQ Nasional dan dibacakannya Al-Qur'an ini.

"Hal ini juga selaras dengan nilai-nilai yang dianut masyarakat Sumatera Barat yang menjadikan Al-Qur'an sebagai kearifan lokal dan keseharian masyarakat Sumatera Barat yang dituangkan dalam falsafah Minangkabau "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah", Ujar Gubernur

Untuk diketahui, Event akbar MTQ Korpri ke-VI ini akan diselenggarakan pada bulan November mendatang dan nantinya akan mempertandingkan 9 Jenis cabang antara lain cabang Tilawah, Hafalan Alquran, Kaligrafi, Dakwah Alquran, Tartil Alquran, Doa dan Adzan, dengan 26 Kategori yang diikuti oleh kafilah/perwakilan dari Kementerian, Lembaga dan Provinsi se-Indonesia

Untuk venue lomba telah disiapkan 8 lokasi di Kota Padang yaitu Masjid Raya Sumbar, Masjid Al-Hakim, Aula Kantor Gubernur, Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Aula UIN Imam Bonjol, Aula SMAN 1 Padang, aula Dinas Kebudayaan dan Labor Komputer CAT BKD Sumbar. (Id)

.