Padang - (26/07/2022) Tim dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melakukan Monitoring dan Evaluasi Penilaian Penerapan Sistem Merit ke BKD Provinsi Sumatera Barat. Bertempat di Aula BKD Lantai 3, pertemuan ini dihadiri oleh Tim dari KASN, Kepala BKD, Sekretaris, Kepala Bidang, berserta jajaran, dan juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kominfo dan Statistik, Biro Organisasi, BPSDM, Inspektorat, dan OPD terkait.

Dalam pemaparannya, KASN menyampaikan bahwa Provinsi Sumatera sudah mendapatkan Kategori Baik dalam hal penerapan Sistem Merit dengan nilai total 305. Adapun untuk instansi yang sudah memperoleh kategori Baik, KASN akan melalukan evaluasi setahun sekali.

Salah satu indikator dalam penilaiaian sistem merit adalah adanya Sistem Manajemen Talenta (Talent Pool) dan Pola Karir PNS. Sampai dengan tahun 2021, KASN sudah menilai 347 Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, termasuk salah satunya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutan dan pemaparannya, Kepala BKD Ahmad Zakri mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pengawasan yang telah dilakukan oleh KASN dalam hal pelaksanaan Sistem Merit di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

Ahmad Zakri juga menyampaikan bahwa BKD Sumbar sudah mengembangkan SIMPEG yang sudah terintegrasi dengan aplikasi e-kinerja, e-tpp, absensin online, e-surek, e-pangkat, dan aplikasi manejemen talenta (talent pool).

Selanjutnya Ahmad Zakri juga menyampaikan berbagai macam Aspek yang sudah dibuat dan dilaksanakan pada Pemerintah Provinsi Sumatara Barat, diantaranya Perencanaan Kebutuhan ASN, Pengadaan, Pengembangan Karir, Promosi & Mutasi, Manajemen Kinerja, serta Penggajian, Penghargaan, dan Disiplin

Terakhir, Tim dari KASN juga menyampaikan rekomendasi-rekomendasi dalam hal penerapan Sistem Merit pada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat agar kedepannya pelaksanaan Sistem Merit menjadi lebih baik dan bisa memperoleh nilai kategori Sangat Baik. (Id)

.