Badan Kepegawaian Daerah

JAKARTA Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar menyambut baik komitmen Kapolri Jenderal Sutarman yang bertekad akan memperbaiki akuntabilias kinerja di instansi yang dipimpinnya. Saya optimis kinerja Polisi bisa menjadi yang terbaik, kalau pimpinan dan seluruh jajarannya memiliki komitmen kuat, dan melaksanakannya secara konsisten,  ujar Menteri dalam sambutannya pada rapat kerja di Mabes Polri Jakarta (19/08).

Lebih lanjut dikatakan, reformasi birokrasi yang meliputi aspek kelembagaan, ketatalaksanaan, pelayanan publik, serta akuntabilitas dan pengawasan. Akuntabilitas kinerja bukan sekadar taat aturan dalam menghabiskan anggaran, tetapi sejauh mana anggaran itu memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Menteri mengajak POLRI agar mengubah mindset, bahwa akuntabilitas kinerja dilakukan dengan meningkatkan efisiensi anggaran dengan hasil yang optimal. Jangan bangga kalau ada instansi yang anggarannya besar. Yang patut bangga adalah kementerian/lembaga atau pemda yang anggarannya kecil tapi kinerjanya bisa optimal dan benar-benar bisa bermanfaat bagi rakyat, imbuh Azwar.

Dalam kesempatan itu, Kapolri mengungkapkan, POLRI ingin belajar untuk memperbaiki akuntabilitas kinerjanya dengan kementerian/lembaga yang telah berhasil memperoleh nilai terbaik. Suatu saat nanti Polri akan memperoleh predikat terbaik dan menjadi guru bagi kementerian/lembaga serta instansi pemerintah lainnya,  ujar Sutarman.

Dalam rapat kerja yang dihadiri para perwira tinggi Polri, hadir pula Deputi Bidang Reformasi Birokrasi,  Pengawasan dan Akuntabilitas Aparatur Kementerian PANRB M. Yusuf Ateh, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Mirawati Sudjono, serta Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Rini Widyantini. (ian/HUMAS MENPANRB)

18 Juli 2014 00:00:00 WIB | Post By: Admin BKD