Badan Kepegawaian Daerah

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Barat hari ini (19/12) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Simpeg dengan peserta utusan seluruh SKPD  dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Acara yang berlangsung di Aula BKD Provinsi Sumatera Barat ini memberikan pengenalan mengenai pengembangan SIMPEG yang telah ada. Dalam sambutannya Syafnirwan, SH., Kabid Formasi dan Informasi BKD menyampaikan bahwa aplikasi SIMPEG yang ada saat ini belum bisa digunakan secara online tapi masih sebatas internal SKPD, karena tingkat keamanan program yang masih rendah sehingga dikhwatirkan adanya penyalahgunaan database kepegawaian Provinsi Sumatera Barat oleh pihak lain.

SIMPEG belum mampu memberikan data yang akurat karena SKPD tidak melakukan update setiap perubahan data kepegawaiannya, mungkin SKPD masih beranggapan bahwa update data PNS merupakan tugas BKD. Akibatnya, ketika SKPD membutuhkan data PNS di SKPDnya sendiri mereka harus meminta dulu ke BKD, padahal BKD telah memberikan bimbingan teknis aplikasi SIMPEG kepada seluruh SKPD, ujarnya. Syafnirwan, SH mengajak seluruh peserta sosialisasi lebih serius untuk meningkatkan kualitas manajemen kepegawaian berbasis IT ini, apalagi Gubernur Sumatera Barat juga memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan e-Government.

Selanjutnya Deri Irwan, SE. MM., Kasubid Informasi Kepegawaian BKD Provinsi Sumatera Barat, menambahkan bahwa BKD telah mengembangkan Aplikasi SIMPEG yang ada dimana beberapa pelayanan kepegawaian dapat dilakukan secara online. Aplikasi ini telah dibangun sejak awal tahun 2014 dan hampir rampung, insyaallah dapat dilaksanakan pada tahun 2015. Pelayanan kepegawaian secara online tersebut antara lain Modul usulan kenaikan pangkat, usulan cuti, usulan Karpeg, Karis/Karsu, dan pindah PNS atas permintaan sendiri.

Dengan aplikasi SIMPEG yang baru, PNS dapat mengajukan usulan pelayanan melalui bagian kepegawaian di SKPD masing-masing, sehingga yang bersangkutan tidak perlu datang langsung untuk mengantarkan permohonan ke BKD. Aplikasi ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi PNS dan seluruh SKPD  dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, ucapnya. Pada kesempatan itu, seluruh peserta sosialisasi dapat mencoba aplikasi SIMPEG terbaru dengan laptop yang mereka bawa masing-masing dengan arahan programer SIMPEG yang didatangkan secara khusus. (Ning)

29 Agustus 2014 00:00:00 WIB | Post By: Admin BKD