Badan Kepegawaian Daerah

SURABAYA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refromasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan dan apresiasi kepada juara dan finalis dari Indonesia yang ikut kompetisi pelayanan publik yang diselenggarakan PBB, yaitu United Public Service Awards (UNPSA)  2015 di Kantor Gubernur Provinsi Jatim, Jumat (15/05). Penghargaan juga diberikan kepada Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2015, yang dihadiri Sekda Provinsi Jatim, Bupati/ Walikota dan sejumlah perwakilan kepala daerah.

Kehadiran para pejabat tersebut menunjukkan adanya komitmen sangat kuat dari pimpinan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerahnya. “Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas prestasi yang diraih instansi bapak/ibu. Semoga daerah lain juga termotivasi untuk menciptakan inovasi,” ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Mirawati Sudjono.

Kompetisi inovasi pelayanan publik merupakan program One Region One Inovation (Satu Instansi, Satu Inovasi) yang mewajibkan setiap kementerian, lembaga, provinsi, kabupaten dan kota wajib menciptakan minimal satu inovasi pelayanan publik setiap tahun. Inovasi itu wajib diikutsertakan dalam kompetisi inovasi pelayanan publik. “Bagi instansi yang tidak mengikuti kompetisi, mendapat teguran dari Menteri PANRB,” imbuhnya. 

Pelaksanaan kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2015 yang diikuti oleh 1.189 inovator, telah berhasil  menetapkan Top 25, yakni tiga dari Kementerian/Lembaga,  5 dari Pemerintah Provinsi, 10 dari Kabupaten, dan 7 dari Kota. Dari 1.189  inovator yang mendaftarkan melalui Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik), disaring melalui desk evaluation oleh Tim Evaluator (Akademisi) menjadi Top 99, dan 40 diantaranya dipanggil untuk presentasi dan wawancara di hadapan Tim Panel Independen, dan 25 peserta melalui mystery shopping

Mirawati Sudjono mengungkapkan, peserta kompetisi inovasi pelayanan publik 2015 yang masuk Top 40 akan difasilitasi untuk ikut kompetisi yang diselenggarakan oleh PBB, yaitu United Nation Public Services Award(NNPSA) Tahun 2015.

Kementerian PANRB bekerjasama dengan Pemprov Jawa Timur juga akan menggelar simposium inovasi pelayanan publik tahun 2015, di Surabaya pada bulan Juni mendatang. Kegiatan ini meliputi seminar, workshop, gelar inovasi pelayanan publik untuk sekitar 200 gerai, dengan peserta dari dalam dan luar negeri. “Simposium ini, rencananya akan dibuka oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Mira. (Sumber: MENPANRB)

18 Mei 2015 00:00:00 WIB | Post By: Admin BKD