Badan Kepegawaian Daerah

BANDA ACEH - Generasi muda yang telah melakukan simulasi Computer Assisted Test (CAT) diharapkan bisa menularkan informasi dan pengetahuannya kepada saudara, teman serta kerabat di lingkungannya. Hal ini perlu dilakukan agar mereka bisa mempersiapkan dirinya dalam menghadapi tes CPNS pada bulan September 2014 mendatang.

Simulasi CAT secara offline yang sudah dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam beberapa bulan terakhir tentunya tidak bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Seperti halnya yang berlangsung di kampus Universitas Syah Kuala Banda Aceh, Senin (18/14). Sosialisasi sistem tes CPNS 2014 yang merupakan buah kerja bareng Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), JobsDB, dan MSI diikuti oleh 1.415 orang.

Simulasi yang berlangsung di di Gedung Auditorium Dayan Dawood Universitas Syah Kuala Banda Aceh dibuka oleh Pembantu Rektor II Prof. Dr. Husni Jalil. Dalam sambutannya, dia mengajak masyarakat, dunia pendidikan serta generasi muda untuk turut mendukung pelaksanaan tes dengan sistem CAT.

Menurut Husni, metode ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan pada gilirannya akan mendorong masyarakat lebih bergairah menyekolahkan anak-anaknya. Masyarakat diharapkan tidak apriori terhadap program yang dilakukan pemerintah, kita harus percaya bahwa pemerintah sudah berubah. Sistem CAT dalam penerimaan CPNS perlu didukung,  ujarnya.

Lebih dari itu,  Purek II berharap kepada para peserta yang hadir dan telah mengikuti simulasi CAT bisa menjadi Trainner of Training (TOT) bagi teman, kerabat, tetangga, dengan cara menyampaikan pengetahuan yang diterima hari ini. Simulasi ini menjadi penting bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi CPNS 2014,  imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi berharap para generasi muda yang ingin mengikuti seleksi CPNS belajar sungguh-sungguh, dan jangan lagi percaya pada isu kalau kelulusan bisa diatur oleh panitia.  Sistem CAT yang akan dilakukan merupakan sistem tes yang sangat transparan, karena begitu peserta selesai mengikuti tes, hasilnya bisa dilihat langsung,  ujar Suwardi.

Selain simulasi yang dilakukan roadshow dibeberapa kota seperti Bogor, Bandung, Semarang, Denpasar, Surabaya, Makassar, Medan, pada tanggal 20 Agustus 2014, masyarakat dapat bisa melakukan simulasi CAT secara online di situs Kementerian PANRB, yaitu www.menpan.go.id, JPNN.com, JobDB, Liputan6.com, dan Sindonews.com.

Ditambahkan, untuk masyarakat di wilayah Tanjung Pinang dan sekitarnya bisa mencoba simulasi CAT CPNS yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau pada tanggal 25 Agustus 2014. Menurut Suwardi, simulasi ini menjadi penting karena  berdasarkan pengamatan di lapangan, tampaknya generasi muda yang masih belum familier dengan komputer. “Di Aceh ada peserta yang bingung , diam, setelah di depan komputer,imbuhya.

Untuk itu, Kementerian PANRB mengimbau kepada para pimpinan pemerintah Kabupaten/Kota, untuk melakukan sosialisasi CAT, baik terkait teknologi Informasinya, maupun tentang sistem CAT itu sendiri. (wat/HUMAS MENPANRB).

16 Juli 2014 12:00:00 WIB | Post By: Admin BKD