Badan Kepegawaian Daerah

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov. Sumatera Barat Ahmad Zakri, S.Sos., M.Si pada hari ini Kamis (16/02/2023) membuka acara Forum Perangkat Daerah yang dihadiri oleh Kepala BKPSDM Se-Sumatera Barat di Aula BKD Prov. Sumbar. Tema acara kali ini adalah Pengelolaan Manajemen ASN Melalui Digitalisasi Layanan. Narasumber dalam acara Forum Perangkat Daerah ini adalah Kepala Bappeda Prov. Sumbar Medi Iswandi, ST., MM.

Dalam Sambutannya Kepala BKD mengatakan bahwa ASN diberikan kebebasan dalam mengembangkan potensi dengan memberikan ruang yang lebih luas kepada ASN untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensinya. Dengan jumlah ASN yang semakin lama semakin berkurang karena pensiun, hal tidak boleh mengganggu kelancaran pelayanan kepada masyarakat. “Untuk itu menjadi tugas bagi BKPSDM Kabupaten/Kota untuk memanage pola kerja ASN sehingga dengan ASN yang tersedia tetap dapat melaksanakan tugas tugas melaksanakan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat” tambah beliau.

Selanjutnya Ahmad Zakri mengatakan dengan alokasi dana yang terbatas pelaksanaan kegiatan hendaknya dilakukan secara efektif dan efesien. Kegiatan yang biasanya dilaksanakan di hotel dapat dipindahkan ke Gedung pemerintah. Kedepan dengan bantuan teknologi kegiatan dapat dilakukan secara virtual saja. Begitu juga dengan proses kepegawaian yang dulu nya masih menggunakan kertas sekarang telah menggunakan proses digitalisasi, seperti proses kenaikan pangkat, SK mutasi/Pindah, SK Jabatan dan lain-lain.

Secara prinsip Kebijakan nasional peningkatan kapasitas ASN tidak hanya pada peningkatan secara struktural, tetapi telah melebar kepada masalah perilaku. Berdasarkan evaluasi perubahan pada regulasi dan SOP tidak terlalu mendongkrak perubahan kinerja ASN. Untuk itu diluncurkannya ASN BERAKHLAK. Nilai nilai yang terkandung dalam ASN berakhlak hendaknya dapat di integrasikan kepada seluruh ASN, karena dengan nilai-nilai ini diharapkan memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan kinerja ASN sambung Ahmad Zakri mengakhiri sambutannya.

16 Februari 2023 13:32:34 WIB | Post By: Zariul Horizon