Sebagai upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat terutama ASN dalam mendapatkan pelayanan kepegawaian, BKD Provinsi Sumatera Barat membuat inovasi pelayanan dengan menyediakan ruang pelayanan satu pintu yang menggunakan teknologi informasi yang mengedepankan pelayanan yang humanis dengan adanya fasilitas yang nyaman, ramah bagi kaum difabel serta ramah pelayanan dengan disiapkannya ruang konsultasi bagi ASN.

Ruangan pelayanan ini dilengkapi dengan fasilitas penunjang pelayanan seperti media visual (TV) yang menayangkan informasi seputar pelayanan yang disediakan BKD. Disamping itu di ruangan pelayanan satu pintu terdapat area PPID yang melayani masyarakat yang membutuhkan informasi yang dibutuhkan. Di ruangan ini masyarakat dapat meminta informasi yang berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi BKD.

Yang istimewa diruangan ini adalah adanya komputer gerai pelayanan yang berisi informasi tentang pelayanan di BKD. Pengunjung dapat menikmasti  pelayanan secara mandiri melalui komputer yang tersedia di ruangan pelayanan satu pintu. Informasi yang tersedia pada komputer gerai layanan antara lain: info kegiatan hari ini, PPID, Gallery, Layanan, Peraturan kepegawaian, Survey Kepuasan Pengunjung serta penelusuran surat. Yang paling banyak diakses adalah menu penelusuran surat, disini pengunjung dapat melihat surat yang dikirimkan ke BKD prosesnya sudah sampai dimana, sehingga pengguna layanan dapat segera mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Untuk sementara layanan ini hanya dapat dilakukan secara offline. Untuk kedepan direncanakan dapat diakses secara online, khusus untuk urusan surat menyurat proses yang dilalui akan diberitahukan secara otomatis dengan mengirimkan pesan kepada pengguna layanan melalui pesan teks tanpa diminta oleh pengguna.

 

.