Padang. Badan Kepegawaian Negara Regional XII Pekanbaru  menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kepegawaian wilayah kerja pada tanggal 16 Juni 2022 di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Rakor kali ini mengambil tema Transformasi Layanan dan Pembinaan Manajemen ASN Menuju Era Work From Anywhere (WFA). Acara ini dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Barat, Ahmad Zakri, S.Sos., M.Si didampingi Sekretaris BKD Rini Octavianti, ST., M.Si dan Pejabat Fungsional Andre Syahputra, SE dan Kepala BKPSDM Se-Sumatera Barat. 

Pemerintah akan menerapkan Work From Anywhere (WFA) atau bekerja dari mana saja bagi aparatur sipil negara (ASN). Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) sedang menggodok mekanisme penerapan WFA.

Dengan penerapan WFA, kinerja ASN akan dihitung harian untuk perhitungan pembayaran insentif atau Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). "Pertama kinerjanya (ASN) dihitung harian. Kalau selama ini dihitung tahunan atau bulanan, maka dengan WFA kita harus mampu menguraikan kinerjanya menjadi kinerja harian," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN Haria Wibisana pada Rakor Kepegawaian Kanreg XII BKN di Mataram,

Dalam acara ini juga dilaksanakan penyerahan hasil Talent Pool terhadap beberapa ASN di Lingkup Pemprov yang dilaksanakan Kanreg XII BKN pekanbaru sebagai Database dalam mengambil kebijakan.

Talent pool merupakan database kompetensi dan potensi para ASN  yang berisi individual competency profile di mana dalam database itu akan termuat data mengenai kompetensi dan potensi setiap PNS, yang terdiri dari latar belakang pendidikan, pengalaman diklat (pendidikan dan pelatihan) serta riwayat jabatan setiap PNS. “Dengan data yang ada itu kita bisa memprediksi kompetensi setiap PNS yang dapat digunakan sebagai career planning setiap PNS.

.