Padang - Dalam rangka mendukung Pelaksanaan Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang berdasarkan pada Sistem Merit dan mendukung pelaksanaan pengelolaan, pembinaan dan pembangunan potensi PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Tes Pemetaan Potensi bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan PNS yang akan masuk ke Lingkungan Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 27 Juni s.d 1 Juli 2022 pukul 07.00 WIB di Labor Komputer Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Tes Pemetaan Potensi Pegawai ini digunakan sebagai salah satu indikator dalam menilai potensi dan kemampuan PNS yang dijadikan sebagai dasar promosi, mutasi, dan rotasi PNS. Pelaksanaan tes pemetaan potensi PNS tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19 dengan mencuci tangan sebelum masuk ruangan, memakai masker dan menjaga jarak selama tes berlangsung. Peralatan dan perlengkapan tes Pemetaan Potensi Pegawai disiapkan oleh Panitia dari BKD Provinsi Sumatera Barat dan dress code bagi peserta tes boleh menyesuaiakan dengan hari kerja atau bebas rapi.

Dalam pelaksanaannya, perlu dilakukan pemetaan potensi dengan menggunakan metodologi yang telah teruji secara ilmiah. Oleh karena itu, pelaksanaan tes pemetaan potensi harus dilaksanakan oleh lembaga yang sudah teruji dari segi pengetahuan, pengalaman dan kelembagaan. Sejak tahun 2011, Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Universitas Indonesia untuk melaksanakan tes pemetaan potensi bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Universitas Indonesia adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia yang mempunyai banyak pengalaman dan banyak kerjasama dengan pemerintah maupun swasta, tentu telah berpengalaman dalam pelaksanaan assesment bagi pegawai. Oleh karena itu, Provinsi Sumatera Barat memilih bekerja sama dengan Universitas Indonesia dalam pelaksanaan Pemetaan Potensi Pegawai Negeri Sipil. (Ayu)

.