Get Adobe Flash player
BKD Sumbar tidak menerima pungutan biaya apapun dalam hal kepengurusan pegawai

Gubernur & Wakil Gubernur

IRWAN PRAYITNO NASRUL ABIT

Iklan



Jajak Pendapat

  Seberapa besar manfaat Website ini bagi Anda?
  Sangat Bermanfaat
  Cukup Bermanfaat
  Tidak Bermanfaat
  Tidak Tahu

 

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari ini :  74
Total Pengunjung :  74557
Kearsipan harus Berbasis TIK

Kearsipan harus Berbasis TIK

Rabu, 29 Apr 2015, 07:37:21 WIB | oleh: Administrator

DENPASAR-Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, sektor kearsipan dapat menjadi faktor penentu keberhasilan reformasi birokrasi. Penyelenggaraan kearsipan yang handal diharapkan mampu menjamin tersedianya arsip untuk kepentingan akuntabilitas kinerja pemerintahan, mampu menyediakan informasi untuk kepentingan publik secara cepat, tepat dan aman.

Selain itu, kerasipan juga harus mampu menjamin hal-hak keperdataan rakyat dan terselamatkannya memori kolektif nasional. Oleh karena itu, praktik kearsipan harus berbasis teknologi informasi dan komunikasi, sehingga mampu memfungsikan arsip secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, ujarnya saat membuka pertemuan Executive Board Meeting Internasional Council on Archives (ICA) di Denpasar, Selasa (27/04) petang.

Even bertaraf internasional yang beranggotakan 199 negara ini merupakan salah satu kebanggan bagi Indonesia, karena Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dipercaya sebagai tuan rumah EBM ICA dan penyelenggara Seminar Internasional yang diikuti oleh peserta dari luar negeri.  Indonesia dalam hal ini ANRI harus dapat bertindak sebagai tuan rumah yang baik.

Saya mengucapkan selamat datang di Indonesia bagi para delegasi dan para peserta seminar dari negara-negara anggota ICA. Juga kepada para pembicara dan narasumber dari dalam maupun luar negeri, kehadiran Bapak-Ibu sekalian di sini, saya harap dapat menikmati keindahan pariwisata Bali, ujarnya.

Dalam hal ini, Menteri Yuddy memberikan dukungannya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. Saya atas nama Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ICA menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah. Saya juga sangat berharap agar pertemuan ICA dan seminar internasional ini dapat menjadi ajang untuk memecahkan permaslahan-permasalahan kearsipan terkini, imbuh Yuddy.

Diakui, seiring berjalanannya waktu, ICA telah membantu membina hubungan profesional antara lembaga kerasipan dan mempererat persahabatan negara-negara di dunia. Yuddy mengharapkan, kegiatan-kegiatan semacam ini yang telah bergilir di negara-negara anggota ICA, dapat terus ditingkatkan kualitasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala ANRI Mustari Irawan mengatakan, tujuan penyelenggaraan Pertemuan Dewan Eksekutif ICA adalah untuk membahas program kerja ICA dalam mendukung pelaksanaan fungsi dan tugas ANRI di 199 negara yang menjadi anggotanya dan mempersiapkan konferensi tahunan (Annual Conference) ICA yang rencananya diselenggarakan bulan September di Reykjavik, Islandia. (Sumber: MENPANRB)