Get Adobe Flash player
BKD Sumbar tidak menerima pungutan biaya apapun dalam hal kepengurusan pegawai

Gubernur & Wakil Gubernur

IRWAN PRAYITNO NASRUL ABIT

Iklan



Jajak Pendapat

  Seberapa besar manfaat Website ini bagi Anda?
  Sangat Bermanfaat
  Cukup Bermanfaat
  Tidak Bermanfaat
  Tidak Tahu

 

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari ini :  13
Total Pengunjung :  74727
BKN Kembangkan Sistem Informasi Kehadiran PNS Berbasis Web

BKN Kembangkan Sistem Informasi Kehadiran PNS Berbasis Web

Rabu, 15 Apr 2015, 09:05:11 WIB | oleh: Administrator

Jakarta-Humas BKN, Biro Keuangan BKN berencana mengembangkan Sistem Informasi Kehadiran pegawai-PNS (Sikap-PNS) Online, berbasis web. Hal itu mengemuka dalam rapat Sosialisasi Pengelolaan dan Penatausahaan Keuangan, yang digelar Selasa dan Rabu (14-15/4-2015) di aula lantai V Gedung 1 Kantor Pusat BKN.

Pengembangan Sikap-PNS Online bertujuan memberikan solusi terbaik dalam aktivitas pelayanan administrasi kehadiran pegawai sehingga dapat terlaksana sesuai sasaran, proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien serta menciptakan interaksi yang positif antara Kantor regional (Kanreg) dengan Kantor Pusat BKN. Demikian pernyataan Kepala Biro Keuangan BKN, Heru Purwaka saat menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan yang dihadiri 57 pegawai BKN perwakilan Kanreg dan Kantor Pusat. Sikap-PNS, jelas Heru merupakan salah satu inovasi menciptakan aplikasi pemantau kehadiran PNS yang terintegrasi antara Kanreg dan BKN Pusat.

Dalam pengelolaan kehadiran PNS, BKN Pusat dan seluruh Kantor Regional memang telah menggunakan teknologi informasi dalam pengolahan kehadiran PNS. Namun, Kanreg dan BKN masing-masing menggunakan alat absensi dan aplikasi yang berbeda-beda. Saat ini, aplikasi kehadiran PNS di BKN Pusat berbasis client server sementara aplikasi kehadiran PNS di Kanreg-Kanreg BKN berbasis desktop. Ditambah lagi, format pelaporan kehadiran pegawai di Kanreg dan Kantor Pusat berbeda-beda serta aplikasi kehadiran tidak terintegrasi dengan aplikasi tunjangan kinerja. Hal itu memunculkan potensi temuan pelanggaran keuangan cukup tinggi, khususnya dalam pembayaran tunjangan kinerja dan uang makan.

Terbangunnya Sikap-PNS Online, jelas Heru, akan mengintegrasikan aplikasi kehadiran PNS dengan aplikasi sistem pembayaran tunjangan kinerja dan perjalanan dinas. Dengan Sikap-PNS Online akan tercipta format pelaporan kehadiran yang terstandardisasi dan monitoring kehadiran PNS Kantor Pusat dan Kanreg BKN dapat dilakukan real time. Sikap-PNS Online akan menciptakan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan kehadiran, pembayaran tunjangan kinerja dan perjalanan dinas pegawai. Pengambilan keputusan oleh Pimpinan terkait sanksi kepada PNS yang kurang disiplin dalam kehadiran pun akan lebih cepat.

Sebelumnya, Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti saat membuka secara resmi pelaksanaan sosialisasi mengarahkan agar pimpinan unit dan Kakanreg BKN memonitor penyerapan anggaran di unitnya masing-masing. Hal itu perlu dilakukan agar terpantau jelas unit-unit mana yang dapat memanfaatkan anggaran secara efektif efisien dan mana yang tidak. Efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran akan menjadi salah satu dasar pemberian anggaran periode berikutnya. Pimpinan BKN, jelas Sesma akan memantau unit dan Kanreg BKN mana saja yang mengimplementasikan anggaran sesuai/tidak sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan, dan unit/Kanreg mana yang mampu mencapai target-target yang telah ditetapkan. Kami akan beri label merah unit/Kanreg yang tidak dapat mencapai target-target yang telah dirumuskan. (Sumber: BKN)