Get Adobe Flash player
BKD Sumbar tidak menerima pungutan biaya apapun dalam hal kepengurusan pegawai

Gubernur & Wakil Gubernur

IRWAN PRAYITNO NASRUL ABIT

Profil PNS Pemprov Sumbar

Masukan NIP Baru Anda

Jajak Pendapat

  Seberapa besar manfaat Website ini bagi Anda?
  Sangat Bermanfaat
  Cukup Bermanfaat
  Tidak Bermanfaat
  Tidak Tahu

 

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari ini :  130
Total Pengunjung :  98597
Indonesia - Georgia Sharing Informasi Tata Kelola Pemerintahan

Indonesia - Georgia Sharing Informasi Tata Kelola Pemerintahan

, 00 0000, 00:00:00 WIB | oleh: Administrator

JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Georgia untuk Indonesia Zurab Aleksidze mengunjungi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi di Jakarta, Selasa (07/04) pagi. Kunjungan itu merupakan salah satu tugas kerja (courtesy call) yang dilaksanakan oleh dubes Georgia untuk Indonesia guna mempererat hubungan diplomatik di antara kedua negara.

Dalam pertemuan itu, kedua pihak saling berbagi informasi mengenai tata kelola pemerintahan yang dilaksanakan masing-masing negara,  seperti One Stop Service (OSS), Businees Process (tata laksana perizinan), dan e-government.

Zurab Aleksidze mengatakan, dalam satu area OSS  di Georgia terdapat 300 jenis pelayanan yang saling terintegrasi dengan baik..  Melalui penggunaan ID Card,  setiap jenis pelayanan dapat diselesaikan hanya dalam waktu 30 menit saja.

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan OSS di Georgia, dan berujar bahwa dan hal tersebut dapat menjadi masukan yang baik untuk kemajuan birokrasi Indonesia. Kita dapat saling mengunjungi dan melakukan studi banding untuk meningkatkan pelaksanaan One Stop Service di Negara masing-masing, ujarnya

Yuddy juga mengatakan, Kementerian PANRB tengah mengembangkan kebijakan terkait business process di pemerintahan yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Keseriusan dalam hal ini terlihat dengan dilakukannya kerjasama pelatihan Governance Business Process Training Course dengan Denmark.

Dalam gerakan reformasi birokrasi, Indonesia tengah mengembangkan sistem pemerintahan elektronik (e-government). Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini menuturkan, Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan Korea dalam pengembangan sistem tersebut.(Sumber: MENPANRB)