Get Adobe Flash player
BKD Sumbar tidak menerima pungutan biaya apapun dalam hal kepengurusan pegawai

Gubernur & Wakil Gubernur

IRWAN PRAYITNO NASRUL ABIT

Iklan



Jajak Pendapat

  Seberapa besar manfaat Website ini bagi Anda?
  Sangat Bermanfaat
  Cukup Bermanfaat
  Tidak Bermanfaat
  Tidak Tahu

 

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari ini :  74
Total Pengunjung :  74557
Kamboja Pelajari Sistem Rekruetmen CPNS Indonesia

Kamboja Pelajari Sistem Rekruetmen CPNS Indonesia

, 00 0000, 00:00:00 WIB | oleh: Administrator

JAKARTA-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang diwakili oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja menerima kunjungan kerja delegasi pemerintah Kamboja di kantornya, Rabu (04/03). Mereka bermaksud mempelajari sistem manajemen pemerintahan Indonesia, terutama mengenai aparatur sipil negara.

Delegasi dari Pemerintah Kamboja terdiri dari Ministry of InteriorSecretariat the National Committee for Subnational Democratic DevelopmentMinistry for Civil ServiceMinistry of Economic and FinanceMinistry of HealthMinistry of Education, Youth, and SportsNational Association of Capital and Provinces dan terakhir dari National League of Local Councils.

Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan bahwa Kementerian PANRB  berada di bawah Presiden dalam struktur organisasi manajemen aparatur pemerintah. Di samping itu ada juga Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)  yang tugasnya memonitor dan mengevaluasi jabatan pimpinan tinggi, dan melaporkannya langsung kepada Presiden. Dalam membuat kebijakan, Kementerian PANRB berkoordinasi dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), ujar Setiawan.

Dijelaskan, dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di Indoensia, salah satu isu sentralnya adalah penerapan e-government. Di Kementerian PANRB sendiri, lanjutnya, sudah menerapkan e-formasi pada perekrutan pegawai negeri sipil secara online form yang dapat diakses di portal resmi menpan.go.id. Selain itu, mulai dari registrasi sampai pelaksanaan ujian sudah komputerisasi.

Sistem informasi ini merupakan perencanaan SDM aparatur untuk merekrut CPNS yang berkompetensi, transparan, kompetitif, akuntabel, dan bebas dari KKN, imbuhnya.

Didampingi para asdep dan stafnya, Setiawan juga menjelaskan mengenai promosi terbuka bagi jabatan pimpinan tinggi, mutasi pegawai, disiplin pegawai, reward yang didapat, serta pensiun bagi pegawai negeri sipil. (Sumber: MENPANRB)