Get Adobe Flash player
BKD Sumbar tidak menerima pungutan biaya apapun dalam hal kepengurusan pegawai

Gubernur & Wakil Gubernur

IRWAN PRAYITNO NASRUL ABIT

Profil PNS Pemprov Sumbar

Masukan NIP Baru Anda

Jajak Pendapat

  Seberapa besar manfaat Website ini bagi Anda?
  Sangat Bermanfaat
  Cukup Bermanfaat
  Tidak Bermanfaat
  Tidak Tahu

 

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari ini :  125
Total Pengunjung :  98592
Proses rekrutmen hakim melalui CPNS

Proses rekrutmen hakim melalui CPNS

, 00 0000, 00:00:00 WIB | oleh: Administrator
Jakarta - Tata cara rekrutmen hakim pada 2015 mengikuti saran yang ditawarkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), yaitu melalui proses CPNS.

"Prosesnya nanti akan melalui CPNS, sama seperti yang lalu namun tentu dengan Kemenpan-RB sebagai panitia seleksi," ujar Komisioner Komisi Yudisial, Taufiqurrahman Syahuri di Jakarta, Kamis.

Taufiqurrahman menyebutkan bahwa Kemenpan-RB tidak mau turut campur pada rekrutmen hakim tahun-tahun sebelumnya karena proses rekrutmen hakim ini dianggap sebagai ranah dan urusan Komisi Yudisial dan Mahkamah Agung.

Sementara itu, niat KY untuk menggunakan seleksi khusus (tidak melalui CPNS) untuk rekrutmen hakim dikatakan Taufiqurrahman cukup riskan, mengingat munculnya kekhawatiran akan adanya dugaan kolusi dan nepotisme.

"Namun sekarang Kemenpan mau membatu prosesnya melalui CPNS, argumennya karena para pendaftar ini belum menjadi hakim atau pun pejabat negara," kata Taufiqurrahman.

Taufiqurrahman menjelaskan, Kemenpan akan membantu proses rekrutmen ini hingga memasuki proses pendidikan dan pelatihan hakim.

Sedangkan KY dan MA akan turut melalukan seleksi calon hakim dengan menilai pengetahuan para pendaftar mengenai etika hakim.

Begitu para pendaftar ini lulus, maka mereka lalu jadi pejabat negara sehingga otomatis status PNS mereka gugur.

"Sementara bagi yang tidak lulus akan dikembalikan ke pemerintah karena masih berstatus PNS," tambah Taufiqurrahman. (ANTARA News)